Pages

Thursday 24 July 2014

Mengenal Energi Alternatif yang Terdapat di Dunia


Energi apa saja yang sejauh ini Anda ketahui di dunia yang sangat luas ini? Energi di dunia ini sebenarnya sangat banyak namun hanya sebagian orang saja yang mengetahui secara keseluruhan energi apa saja yang bisa dimanfaatkan di dunia ini. Semakin berkembangnya zaman, kebutuhan energi serta bahan bakar kendaraan memang semakin meningkat. Lalu bagaimana mengatasi kebutuhan energi yang terus meningkat padahal energi itu sendiri semakin menipis? Disinilah tantangan pemerintah dan juga ilmuwan untuk menemukan energi alternatif modern.
Energi lain atau alternatif diharapkan dapat menekan laju penggunakan sumber energi yang tidak bisa diperbarui. Dan di dunia ini ternyata ada banyak sekali energi yang bisa dimanfaatkan untuk kelangsungan hidup umat manusia.
Yang pertama adalah marilah kita mengenal energi hydropower. Hydropower adalah air yang mengalir dari hulu ke hilir dan energi ini sangat dipengaruhi oleh curah hujan yang turun. Bila hujan sering turun otomatis aliran air akan semangit banyak. 
Air yang mengalir dari hulu ke hilir ini bisa dimanfaatkan untuk mendorong proses mekanis dimana dapat membantu memutar turbin yang nantinya juga akan memutarkan generator yang bisa menghasilkan listrik. Kedua, adalah energi biomassa. Biomassa ini dapat dikatakan energi yang ditimbukan dari segunung limbah-limbah yang berbau kurang sedap. Seperti misalnya kayu, limbah pertanian dan kehutanan, residu, komponen organik dan juga limbah yang berasal dari kota.
Sangat mengaggumkan, ternyata bahan-bahan residu seperti diatas masih bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik walaupun berbau kurang sedap. Energi alternatif modern ketiga adalah energi gelombang air laut. Diketahui bahwa di dunia ini, hampir sebagian besar jagad raya diwarnai dengan birunya samudera dan laut. Energi yang dihasilkan dari gelombang laut serta pasang surut air laut ternyata bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik. Namun perlu digaris bawahi, energi jenis ini hanya bisa di operasikan di daerah yang dekat dengan laut. Jadi tidak semua tempat dapat menjalankan tenaga air laut untuk membangkitkan listrik.




0 comments:

Post a Comment