Pages

Monday 9 June 2014

PERKEDEL JAGUNG



Perkedel adalah salah satu tips memasak makanan Indonesia yang sering menjadi masakan rumahan di Indonesia. Salah satu varian dari perkedel jagung, yang mana bahan utamanya berasal dari jagung manis. Masakan ini cukup populer juga di beberapa restoran dan bisa disajikan dari pagi hingga malam hari. Selain itu, cara membuatnya pun semakin praktis karena kini tersedia jagung yang sudah dalam kemasan kaleng. Jika sedang musimnya, jagung segar sebaiknya dijadikan pilihan.


Untuk sausnya kita cukup menyediakan sepertiga cangkir saus cabai dan sepertiga cangkir kecap manis. Sedangkan untuk perkedelnya sendiri kita memerlukan 4 buah jagung, dengan biji yang sudah dipisahkan dari tongkolnya atau bisa juga menggunakan sato ons jagung kaleng, dua siung bawang putih yang dicincang, satu sendok makan paprika merah, setengah sendok teh bubuk pala, satu sendok teh lada hitam segar, satu telur besar, setengah sendok teh gula, dua sendok makan tepung jagung, dua sendok makan tepung beras, satu sendok makan irisan halus bawang merah, garam dan penyedap rasa, serta minyak sayur.


Tips memasak makanan indonesia tersebut adalah dengan mencampurkan setengah biji jagung, bawang putih, paprika merah, pala, merica bubuk dan telur dalam mangkuk besar. Aduk bahan-bahan tersebut hingga rata. Tempatkan dalam blender, dan proses dengan kecepatan sedang hingga menjadi halus seperti bubur. Jika ingin renyah maka kita tidak perlu memasukkannya ke dalam blender, tetapi langsung saja transfer ke mangkuk, tambahkan tepung beras, tepung jagung, bawang merah dan setengah biji jagung lainnya. Aduk dan bumbui dengan garam maupun penyedap rasa. Tambahkan minyak sayur satu setengah hingga dua inci dan panaskan hingga suhu 350 derajat, goreng sampai berwarna coklat keemasan, tiriskan dan sajikan dengan saus. Dan sekarang Anda dapat menikmati perkedel jagung yang sedap.

0 comments:

Post a Comment