Pages

Monday 21 October 2013

Cita Rasa Menciptakan Rindu

Menjadi seorang yang merantau di Kota lain atau bahkan negara lain tidak mudah , disamping kita harus adaptasi dengan lingkungan, juga adaptasi dengan masakan yang ada di tempat tersebut, yang sering rasa dan seleranya berbeda dengan yang ada di Kota sendiri. Untuk adaptasi dengan makanan ini sangat riskan, kadang ada yang bisa masuk di mulut, tapi tidak dapat diterima oleh perut, ada juga yang tidak bisa diterima mulut dan perut, yang akhirnya membuat para perantau mengkonsumsi  makanan makanan instan atau makanan siap saji (fast food)
Sebenarnya bisa saja seorang yang merantau ini memutuskan untuk memasak sendiri masakan yang sesuai dengan selera dan cita rasa daerahnya, namun tidak semua perantau bisa masak, dan terkadang pun  tidak dapat ditemukannya bumbu bumbu pelengkap yang sesuai  untuk makanan yang diharapkan sama dengan cita rasanya dan daerahnya,  terlebih  jika merantau ke luar negeri. Seperti  misalnya di Jepang, meskipun sama sama dengan Indonesia di benua asia dan makanan makanan jepang sudah banyak masuk ke Indonesia namun akan berbeda jika ke Jepang,  makanan jepang yang masuk di Indonesia sudah di sesuaikan cita rasanya dengan lidah orang Indonesia. Kalau di Jepang adalah benatr benar cita rasa orang Jepang.
Bagai perantau, memang akan memiliki kerinduan yang sangat pada kampung halamannya . Pada makanan yang berasal dari rumahnya, terlebih makanan yang di masak oleh ibunya.  

Sumber . . .

0 comments:

Post a Comment